Permendiknas KTSP ditandatangani pada 23 Mei 2006 dan berlaku bagi Sekolah Standar Nasional maupun Sekolah Nasional Berstandar Internasional. Perlu ditegaskan bahwasanya standar pendidikan tidak sama dengan kurikulum. Standar nasional itu meliputi delapan hal, yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Kini masing-masing sekolah bisa membuat silabus, kurikulum, dan indikator-indikatornya sendiri, bahkan kepala dinas tidak boleh ikut campur dalam pengembangan KTSP sekolah.
( SKL UN 2008 )
Salinan
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 34 tahun 2007 tanggal 5 November 2007
1. BAHASA INDONESIA
no | skl | uraian |
1 | MEMBACA Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis ( artikel, berita, opini/tajuk, table, bagan grafik, peta, denah ), berbagai karya sastra berbentuk puisi cerpen, novel, dan drama | Ø Membaca dan memahami berbagai bentuk wacana tulis ( artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah dan karya sastra yang mencakup : · Gagasan utama paragraf · Kritik isi bacaan · Kesamaan informasi dari beberapa teks berita · Isi berita · Perbedaan penyajian beberapa teks berita · Fakta/pendapat, simpulan bacaan · Gagasan utama dan pendukung dalam tajuk · Fakta dalam tajuk · Keberpihakan penulis · Simpulan isi tajuk · Isi tabel, bagan, grafik, peta, atau denah · Unsur instrinsik puisi · Unsur instrinsik cerpen · Unsur instrinsik novel · Unsur instrinsik drama |
2 | MENULIS Menulis karangan non sastra dengan menggunakan kosa kata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks, pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama | Ø Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman dalam berbagai wacana tulis berupa : · Buku harian · · · Pesan singkat ( memo ) · Laporan · Petunjuk melakukan sesuatu · Rangkuman · Slogan/poster · Iklan baris · Teks pidato · Karya ilmiah · Pantun · Puisi · Drama Ø Menyunting berbagai ragam teks berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraph, kebulatan wacana |
2 . BAHASA INGGRIS
no | skl | uraian |
1 | Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esei sederhana berbentuk deskriptif ( descriptive, procedure, dan report ) dan naratif ( Narrative dan recount ) dalam konteks kehidupan sehari-hari | Ø Memahami makna teks tulis fungsional pendek seperti pesan pendek, pengumuman, kartu ucapan, label, iklan, brosur, · Gagasan utama ( judul, tema, pokok pikiran ) · Informasi rinci tersurat · Informasi tersirat · Rujukan kata · Makna kata, frasa dan kalimat ( termasuk kosa kata, tata bahasa dan cirri kebahasaan lainnya yang terkait dengan jenis teks dan tema ) |
2 | WRITING ( Menulis) Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk deskriptif ( descriptive, procedure dan report ) dan naratif (Narrative dan recount ) dalam konteks kehidupan sehari-hari | Ø Megungkapkan maknadalam bentuk teks tulis fungsional pendek seperti pesan pendek, pengumuman, kartu ucapan, label, iklan, brosur, · Menyusun kata/kalimat acak menjadi kalimat/paragraph yang padu · Melengkapi kalimat/paragraph/teks rumpang |
3. MATEMATIKA
no | skl ) | uraian |
1 | Memahami konsep operasi hitung dan siat-sifat bilangan perbandingan, aritmetika social, barisan bilangan, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah . | Ø Bilangan · Operasi hitung bilangan bulat · Operasi hitung bilangan pecahan · perbandingan · Aritmetika social Ø Barisan Bilangan · Pola bilangan · Rumus suku ke -n |
2 | Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi fungsi, sistem persamaan linier, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah . | Ø Operasi bentuk aljabar Ø Persamaan dan pertidak samaan linier satu variabel Ø Himpunan · Himpunan bagian · Irisan gabungan dua himpunan · Diagram Venn Ø Relasi da fungsi · Aturan pemetaan · Nilai fungsi · Grafik fungsi linier Ø Sistem persamaan linier dua variabel Ø Gradient dan persamaan garis lurus |
3 | Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah . | Ø Bangun datar ( Segitiga, Segi empat dan lingkaran ) · Sifat – sifat · Sudut · Luas dan keliling · Garis singgung lingkaran · Teorama Pythagoras · Kesebangunan · Kongruensi Ø Bangun ruang · Unsur-unsur · Model kerangka dan jaring-jaring · Luas permukaan dan volume Ø Garis sejajar · Sifat-sifat dan besar sudut |
| | Ø Statistika · Tendensi sentral / ukuran pemusatan · Menyajikan dan menafsirkan data |
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
no | SKL | uraian |
1 | Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari | Ø Besaran dan satuan Ø Pengukuran |
2 | Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari | Ø Wujud zat Ø Ø Pemuaian Ø Kalor dan perpindahan kalor |
3 | Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika ( gerak, gaya, usaha, energi ) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Ø Gerak lurus, Ø Tekanan pada benda padat, cair, dan gas Ø Perubahan bentuk energi Ø Usaha dan energi Ø Pesawat sederhana |
4 | Memahami konsep-konsep dan penerapa getaran, gelombang, bunyi dan optic dalam produk teknologi sehari-hari | Ø Getaran dan gelombang Ø Bunyi Ø Optik geometri ( cahaya ) Ø Alat- alat optik |
5 | Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penmnerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Ø Listrik statis Ø Listrik dinamis Ø Energi dan daya listrik Ø Kemagnetan Ø Induksi elektromagnetik |
6 | Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya | Ø Sistem tata surya Ø Matahari sebagai bintang Ø Gerakan bumi ( rotasi dan revolusi ) Ø Gerhana, pasang naik, dan pasang surut |
7 | Mendeskripsikan cirri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan | Ø Ciri-cir makhluk hidup Ø Pengelompokkan makhluk hidup Ø Keragaman pada tingkat organisasi kehidupan Ø Keanekaragaman makhluk hidup dan upaya pelestariannya Ø Komponen ekosistem, peran dan interaksinya Ø Pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan Ø Hubungan anatara jepadatan populasi manusia dengan lingkungan |
8 | Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan / organ-organ pada tumbuhan dan manusia . | Ø Sistem gerak pada manusia Ø Sistem pencernaan pada manusia Ø Sistem pernafasan pada manusia Ø Sistem peredaran darah pada manusia Ø Sistem eksresi pada manusia Ø Sistem saraf pada manusia Ø Struktur dan fungsi tubuh tumbuhan Ø Macam-macam gerak pada tumbuhan Ø Proses perolehan nutrisi pada tumbuhan |
9 | Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. | Ø Pertumbuhan dan perkembangan Ø Kelangsungan hidup organisme Ø Cara-cara reproduksi Ø Teknologi reproduksi, hubungannya dengan lingkungan dan masyarakat |
10 | Mengidentifikasi bahan kimia dan buatan yang terdapat dalam makanan dan pengaruhnya tehadap kesehatan | Ø Bahan kimia dalam bahan makanan Ø Zat aditif dan psikotropika |
0 komentar