Artist's interpretation of article headline

Project One

Dengan SK. Mendikbud No.: 0206/80 tanggal 1 Juli 1980 lahirlah saya sebagai bayi mungil yang diberi nama SMPN 8 Garut. Nama tersebut hanya sampai th.1997 karena harus diganti menjadi SLTPN 3 Tarogong. Weleh ... weleh ... nama itu pun hanya bertahan selama 6 tahun dan katanya harus diganti lagi menjadi SMPN 2 Tarogong Kidul tepatnya pada tgl. 2 Mei 2003. Entahlah nama apa lagi yang akan diberikan oleh sang penentu kebijakan untuk saya. Mudah-mudahan mereka tidak membebani dirinya untuk repot-repot mencari nama pengganti bagi sekolah di tatar Garut ini. Cape ... deh.

Read More
Artist's interpretation of article headline

Project Two

Lorem ipsum dolor sit ame, consectetur adipiscing elit. In tincidunt.

Read More
Artist's interpretation of article headline

Project Three

Hendrerit tincidunt vero vel eorum claritatem. Soluta legunt quod qui dolore.

Read More
Artist's interpretation of article headline

Project Four

Aliquam elit risus, volutpat quis, mattis ac, elementum eget, mauris.

Read More
Diposting oleh SMPN 2 Tarkid Selasa, 04 Maret 2008

Dinegara kita Indonesia sudah berkali-kali mengalami perubahan kurikulum. Yaitu: kurikulum 1968, Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Kurikulum 2004, dan mulai tahun ajaran 2006/2007 diberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kebijakan ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Peraturan Menteri No. 22/2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pada tahun 2010 seluruh sekolah harus sudah melaksanakan KTSP. Pelaksananan KTSP secara penuh diharapkan mulai tahun ajaran 2007.

Permendiknas KTSP ditandatangani pada 23 Mei 2006 dan berlaku bagi Sekolah Standar Nasional maupun Sekolah Nasional Berstandar Internasional. Perlu ditegaskan bahwasanya standar pendidikan tidak sama dengan kurikulum. Standar nasional itu meliputi delapan hal, yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Kini masing-masing sekolah bisa membuat silabus, kurikulum, dan indikator-indikatornya sendiri, bahkan kepala dinas tidak boleh ikut campur dalam pengembangan KTSP
sekolah.

( SKL UN 2008 )

Salinan

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional

Nomor 34 tahun 2007 tanggal 5 November 2007

1. BAHASA INDONESIA

no

skl

uraian

1

MEMBACA

Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis ( artikel, berita, opini/tajuk, table, bagan grafik, peta, denah ), berbagai karya sastra berbentuk puisi cerpen, novel, dan drama

Ø Membaca dan memahami berbagai bentuk wacana tulis ( artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah dan karya sastra yang mencakup :

· Gagasan utama paragraf

· Kritik isi bacaan

· Kesamaan informasi dari beberapa teks berita

· Isi berita

· Perbedaan penyajian beberapa teks berita

· Fakta/pendapat, simpulan bacaan

· Gagasan utama dan pendukung dalam tajuk

· Fakta dalam tajuk

· Keberpihakan penulis

· Simpulan isi tajuk

· Isi tabel, bagan, grafik, peta, atau denah

· Unsur instrinsik puisi

· Unsur instrinsik cerpen

· Unsur instrinsik novel

· Unsur instrinsik drama

2

MENULIS

Menulis karangan non sastra dengan menggunakan kosa kata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks, pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama

Ø Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman dalam berbagai wacana tulis berupa :

· Buku harian

· Surat pribadi

· Surat resmi

· Pesan singkat ( memo )

· Laporan

· Petunjuk melakukan sesuatu

· Rangkuman

· Slogan/poster

· Iklan baris

· Teks pidato

· Karya ilmiah

· Pantun

· Puisi

· Drama

Ø Menyunting berbagai ragam teks berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraph, kebulatan wacana

2 . BAHASA INGGRIS

no

skl

uraian

1

READING ( Membaca )

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esei sederhana berbentuk deskriptif ( descriptive, procedure, dan report ) dan naratif ( Narrative dan recount ) dalam konteks kehidupan sehari-hari

Ø Memahami makna teks tulis fungsional pendek seperti pesan pendek, pengumuman, kartu ucapan, label, iklan, brosur, surat pribadi, dan lain-lain ) dan esei sederhana berbentuk deskriptif ( descriptive, procedure, dan report ) dan naratif ( Narrative dan recount ) dalam konteks kehidupan sehari-hari dengan cara mengidentifikasi :

· Gagasan utama ( judul, tema, pokok pikiran )

· Informasi rinci tersurat

· Informasi tersirat

· Rujukan kata

· Makna kata, frasa dan kalimat ( termasuk kosa kata, tata bahasa dan cirri kebahasaan lainnya yang terkait dengan jenis teks dan tema )

2

WRITING ( Menulis)

Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk deskriptif ( descriptive, procedure dan report ) dan naratif (Narrative dan recount ) dalam konteks kehidupan sehari-hari

Ø Megungkapkan maknadalam bentuk teks tulis fungsional pendek seperti pesan pendek, pengumuman, kartu ucapan, label, iklan, brosur, surat pribadi, dan lain-lain ) dan esei sederhana berbentuk deskriptif ( descriptive, procedure, dan report ) dan naratif ( Narrative dan recount ) dalam konteks kehidupan sehari-hari dengan cara :

· Menyusun kata/kalimat acak menjadi kalimat/paragraph yang padu

· Melengkapi kalimat/paragraph/teks rumpang

3. MATEMATIKA

no

skl )

uraian

1

Memahami konsep operasi hitung dan siat-sifat bilangan perbandingan, aritmetika social, barisan bilangan, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah .

Ø Bilangan

· Operasi hitung bilangan bulat

· Operasi hitung bilangan pecahan

· perbandingan

· Aritmetika social

Ø Barisan Bilangan

· Pola bilangan

· Rumus suku ke -n

2

Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi fungsi, sistem persamaan linier, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah .

Ø Operasi bentuk aljabar

Ø Persamaan dan pertidak samaan linier satu variabel

Ø Himpunan

· Himpunan bagian

· Irisan gabungan dua himpunan

· Diagram Venn

Ø Relasi da fungsi

· Aturan pemetaan

· Nilai fungsi

· Grafik fungsi linier

Ø Sistem persamaan linier dua variabel

Ø Gradient dan persamaan garis lurus

3

Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah .

Ø Bangun datar ( Segitiga, Segi empat dan lingkaran )

· Sifat – sifat

· Sudut

· Luas dan keliling

· Garis singgung lingkaran

· Teorama Pythagoras

· Kesebangunan

· Kongruensi

Ø Bangun ruang

· Unsur-unsur

· Model kerangka dan jaring-jaring

· Luas permukaan dan volume

Ø Garis sejajar

· Sifat-sifat dan besar sudut



Ø Statistika

· Tendensi sentral / ukuran pemusatan

· Menyajikan dan menafsirkan data

4. ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )

no

SKL

uraian

1

Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Ø Besaran dan satuan

Ø Pengukuran

2

Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Ø Wujud zat

Ø Massa jenis

Ø Pemuaian

Ø Kalor dan perpindahan kalor

3

Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika ( gerak, gaya, usaha, energi ) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Ø Gerak lurus, gaya dan percepatan

Ø Tekanan pada benda padat, cair, dan gas

Ø Perubahan bentuk energi

Ø Usaha dan energi

Ø Pesawat sederhana

4

Memahami konsep-konsep dan penerapa getaran, gelombang, bunyi dan optic dalam produk teknologi sehari-hari

Ø Getaran dan gelombang

Ø Bunyi

Ø Optik geometri ( cahaya )

Ø Alat- alat optik

5

Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penmnerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Ø Listrik statis

Ø Listrik dinamis

Ø Energi dan daya listrik

Ø Kemagnetan

Ø Induksi elektromagnetik

6

Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya

Ø Sistem tata surya

Ø Matahari sebagai bintang

Ø Gerakan bumi ( rotasi dan revolusi )

Ø Gerhana, pasang naik, dan pasang surut

7

Mendeskripsikan cirri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan

Ø Ciri-cir makhluk hidup

Ø Pengelompokkan makhluk hidup

Ø Keragaman pada tingkat organisasi kehidupan

Ø Keanekaragaman makhluk hidup dan upaya pelestariannya

Ø Komponen ekosistem, peran dan interaksinya

Ø Pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

Ø Hubungan anatara jepadatan populasi manusia dengan lingkungan

8

Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan / organ-organ pada tumbuhan dan manusia .

Ø Sistem gerak pada manusia

Ø Sistem pencernaan pada manusia

Ø Sistem pernafasan pada manusia

Ø Sistem peredaran darah pada manusia

Ø Sistem eksresi pada manusia

Ø Sistem saraf pada manusia

Ø Struktur dan fungsi tubuh tumbuhan

Ø Macam-macam gerak pada tumbuhan

Ø Proses perolehan nutrisi pada tumbuhan

9

Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

Ø Pertumbuhan dan perkembangan

Ø Kelangsungan hidup organisme

Ø Cara-cara reproduksi

Ø Teknologi reproduksi, hubungannya dengan lingkungan dan masyarakat

10

Mengidentifikasi bahan kimia dan buatan yang terdapat dalam makanan dan pengaruhnya tehadap kesehatan

Ø Bahan kimia dalam bahan makanan

Ø Zat aditif dan psikotropika